Resep dan Cara Membuat Seblak Basah Bandung Rumahan

Resep Seblak Bandung - Seblak adalah makanan khas Bandung yang terdiri dari kerupuk yang direbus, lalu dimasak dengan bumbu, rempah dan bahan-bahan lainnya. Seblak sangat populer di daerah asalnya, yaitu Jawa Barat terutama di Kota Bandung dan sekitarnya, karena memang kelezatan seblak basah pedas begitu menggoda selera, terutama bagi Anda yang suka dengan masakan pedas. Namun bagi Anda yang kurang suka dengan masakan atau jajanan yang pedas, Anda juga tetap bisa menikmatinya dengan membuat sendiri dan tentu saja Anda bisa memodifikasi resep masakan seblak ini dengan selera lidah Anda.

Resep dan Cara Membuat Seblak Basah Bandung Rumahan

Resep dan Cara Membuat Seblak Basah Rumahan

Cara membuat seblak basah bisa dikatakan mudah, apalagi jika Anda sudah terbiasa mengolah masakan sendiri. Ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat seblak basah, yaitu bahan utama dan bahan tambahan. Bahan tambahan disini bersifat opsional tergantung dari selera Anda. Jadi Anda bisa menambahkan bahan seperti bakso sapi, sosis, ceker ayam, makaroni, telur rebus atau goreng, daging, dan bahan lainnya yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Anda bisa menambahkan satu diantara bahan tersebut atau juga bisa mengkombinasikannya sesuai selera.

Bahan-Bahan Resep Seblak Basah
  • 1 genggam kerupuk kanji mentah (terserah kerupuk apa)
  • 6 buah kerupuk rambak mentah (jika suka, tidak ada juga tidak apa)
  • 1 butir telur ayam dikocok
  • 1 tangkai daun bawang, potong kecil-kecil
  • 1 tangkai seledri, dicincang.
  • Bawang goreng secukupnya (untuk taburan)
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Cabe rawit sesuai selera (dihaluskan)
  • 2 siung bawang merah (dihaluskan)
  • 1 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 butir kemiri dihaluskan (jika suka)
  • Kencur, kurang lebih seukuran ujung jari (dihaluskan)

Cara Membuat Seblak Basah
  1. Didihkan air dan rendam kerupuk mentah hingga lumer, kemudian angkat dan tiriskan, lalu beri sedikit minyak goreng agar tidak saling menempel, aduk rata dan sisihkan.
  2. Panaskan wajan dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum.
  3. Masukkan bahan tambahan seperti bakso, sosis dan lainnya yang sudah diiris, daun bawang dan seledri, kemudian aduk rata.
  4. Masukkan kerupuk yang sudah dilumerkan tadi, aduk lagi.
  5. Masukkan telur, kocok dan aduk agak cepat agar telur tidak menggumpal.
  6. Tambahkan sedikit air dan beri garam beserta penyedap rasa secukupnya.
  7. Diamkan sebentar sampai air agak berkurang, kemudian beri sedikit kecap manis untuk memperkuat rasa dan aduk sampai air benar-benar mengering.
  8. Tuangkan ke mangkuk atau piring saji dan taburkan bawang goreng di atasnya.
  9. Resep masakan seblak basah telah selesai dibuat dan siap disajikan.

Sebenarnya dalam mempraktekkan resep masakan seblak basah rumahan ini, ada pilihan dimana telur dimasukkan terlebih dahulu sehingga terbentuk menjadi telur orak-arik. Namun semua tergantung selera Anda, dimodifikasi dan divariasikan seperti apa pun, seblak basah tetap nikmat untuk disantap apalagi disaat cuaca dingin.

Demikian resep dan cara membuat seblak basah bandung rumahan, selamat mencoba resep masakan ini. Silahkan berkomentar pada postingan resep dan cara membuat seblak basah bandung rumahan ini jika Anda sudah berhasil mempraktekkannya. Terimakasih.

Resep Masakan Terkait : resep seblak bandung, resep seblak ceker, resep seblak mie, resep seblak kuah, resep seblak kering, resep seblak makaroni, resep seblak kerupuk, resep seblak tulang, resep seblak sayur, resep seblak basah bandung, resep seblak mie instan, resep seblak sederhana, resep seblak bandung spesial, resep seblak ceker pedas manis, resep seblak kering makaroni, resep seblak kwetiau, resep seblak mie basah, resep seblak telor, resep seblak goreng, resep seblak bandung enak, resep seblak asli bandung, resep seblak asli, resep seblak ala rumahan, resep seblak ala restoran, resep seblak ala bandung, resep seblak abang abang, resep seblak aci, resep seblak aneka rasa, resep seblak asam manis, resep aneka seblak, resep aneka seblak basah, resep seblak basah asli bandung, resep membuat aneka seblak, resep seblak basah, resep seblak basah ceker, resep seblak basah kuah, resep seblak basah sederhana, resep seblak basah pedas, resep seblak bakso, resep seblak basah mie, resep seblak baso, resep seblak bandung asli, resep seblak basreng, resep seblak batagor, resep seblak bandung yang enak, resep seblak basah tanpa kencur

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Seblak Basah Bandung Rumahan"

Post a Comment